Budidaya Tanaman Hias

Memberikan informasi seputar budidaya tanaman hias

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar.

Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar. - Hallo sahabat Budidaya Tanaman Hias, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Bunga Mwar, Artikel Budidaya Tanaman, Artikel Plastik UV, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar.
link : Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar.

Baca juga


Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar.

 Mawar adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer dan dikenal oleh banyak orang. Dengan berbagai macam warna dan aroma khas oleh mawar membuat bunga ini sangat disukai oleh banyak orang. Selain warna mawar yang indah dan aroma khas yang dihasilkan mawar disukai karena mudah dalam hal penanaman hingga merawatnya. Bunga mawar dapat tumbuh di berbagai daerah dengan suhu yang panas ataupun dingin. Selain sebagai simbol kasih sayang tanaman satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hiasan di dalam ruang maupun di halaman. Berikut adalah cara tepat untuk budidaya bunga mawar.

  • Syarat Tumbuh Bunga Mawar
- Iklim
Curah hujan bagi pertumbuhan bunga mawar yang baik ialah 1500-3000 mm/tahun.
Membutuhkan sinar matahari 5-6 jam per-hari. Di daerah cukup sinar matahari, mawar akan lebih cepat berbunga serta ber-batang kokoh.
Tanaman mawar mempunyai daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan tumbuh, dapat ditanam di daerah beriklim dingin/sub-tropis maupun didaerah panas/tropis. Suhu uadara yang cocok yaitu sejuk 18-26 derajat C dengan kelembaban 70-80%.

- Media Tanam
Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir (kandunaan liat 20-30%), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi, serta drainase baik. Oada tanah latosol, andosol yang memiliki sifat fisik serta
kesuburan tanah yang cukup baik. Mempunyai derajat keasaman tanah yang ideal adalah pH 5,5-7,0.

  • Teknik Budidaya Tanaman Hias Mawar
- Memilih Bibit
Bibit tanaman mawar dapat berasal dari berbagai macam jenis tanaman hias mawar, ada yang merambat, berbunga besar, kecil, serta lain-lain. Pilihlah sesuai dengan keinginan. Bibit memiliki beberapa macam, mulai dari bibit yang berasal dari biji, tangkai hasil stek, ataupun bibit yang sudah berupa tanaman mawar di polybag. Supaya budidaya yang anda lakukan mudah perawatannya, sebaiknya memilih bibit tanaman hias mawar yang sudah di polybag.

- Pengolahan Lahan
Pilihlah tanah yang gembur, subur serta mendapat sinar matahari secara langsung. Lalu Bersihkan lahan dari rumput liar serta batu kerikil. Cangkul atau bajak tanah sedalam kurang lebih 30 cm hingga gembur. Setelah dibajak biarkan tanah selama 15-30 hari agar matang. Setelah itu buat bedengan dengan ukuran lebar sekitar 100-120 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 30-40 cm serta panjangnya disesuaikan dengan lahan.

- Pemupukan 
Pupuklah lahan dengan pupuk organik (kompos/kandang) 20-30 ton per hektar. Tebar pupuk serta campurkan merata dengan tanah sambil merapikan bedengan. Pemberian pupuk organik dengan memasukkan ke dalam lubang tanam rata-rata 1-2 kg per tanaman.

- Pola Tanam
Buatlah lubang tanam pada jarak 60×60 cm atau 70×70 cm, tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya. Pembuatan lubang memerlukan sekop melengkung untuk memperoleh lubang berbentuk silindris. Ukuran lubang 45x45x45 cm. kedalaman yang baik yaitu bila tanaman diletakkan dalam lubang, kedudukan bagian percabangan utama letaknya sejajar dengan permukaan tanah.
Karena akar mawar tidak mampu menembus tanah terlalu dalam, maka cukup cangkul tanah sedalam 45-55 cm. Pada saat membuat lubang, tanah di permukaan serta yang telah digali dikumpulkan terpisah, karena akan digunakan untuk menutup lubang kembali. Campur tanah bagian atas dengan pupuk organik dengan perbandingan 4 bagian tanah dan 1 bagian organik. Lubang diisi dengan top soil serta bahan organik hingga membentuk gundukan.

- Penanaman
Penanaman mawar dapat dilakukan ketika musim hujan, namun apabila kondisi air memadai dapat dilakukan kapanpun. Cara menanamnya yaitu:
  • Pertama Sobek atau sayat polybag lalu ambil bibit beserta dengan tanahnya.
  • Tanamkan bibit mawar ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Letak bibit mawar tepat di tengah lubang tanam, kemudian di timbun dengan tanah sampai penuh sambil dipadatkan perlahan.
  • Siram tanaman mawar di perakaranya hingga cukup basah. Bibit mawar akan langsung segar serta tumbuh seperti biasanya.
- Perawatan
Lakukan Penyiangan dengan mencabut serta membersihkan gulma yang ada pada lahan. Lakukan pengairan serta penyiraman pada fase awal pertumbuhan (sekitar umur 1-2 bulan setelah tanam), dilakukan secara teratur tiap hari 1-2 kali. Pengairan selanjutnya dapat dikurangi atau tergantung keadaan cuaca serta jenis tanah. Waktu penyiraman yang baik ialah saat pagi serta sore hari.


Demikianlah Artikel Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar.

Sekianlah artikel Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar. kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar. dengan alamat link http://tanaman-hias99.blogspot.com/2017/05/cara-tepat-budidaya-tanaman-mawar.html

0 Response to " Berikut Adalah Cara Tepat Untuk Budidaya Bunga Mawar."

Posting Komentar