Budidaya Tanaman Hias

Memberikan informasi seputar budidaya tanaman hias

Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone: 031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot

Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot - Hallo sahabat Budidaya Tanaman Hias, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Buah Manggis, Artikel Budidaya Buah-buahan, Artikel Produsen & Distributor Polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot
link : Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot

Baca juga


Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot

  Perlu beberapa waktu tahunan untuk membuat manggis berbuah di kebun. Hal ini terjadi bila bibit yang ditanamkan asalnya dari biji. Tetapi sekarang di pasaran sudah beredar bibit manggis hasil multiplaksi vegetatif. Saat ini bahkan manggis sudah dapat ditanam di dalam pot. Apakah Anda sudah mengetahui cara menanam manggis dalam pot (tabulampot manggis)?

 Manggis adalah tanaman buah tropis yang pertumbuhannya termasuk lambat, namun waktu hidupnya tergolong lama. Tanaman manggis yang asalnya dari biji biasanya memerlukan waktu 5-10 tahun untuk bisa mulai menghasilkan buah. Akan tetapi saat ini melalui cara menanam manggis dalam pot masa berbuah tanaman manggis tersebut dapat lebih dipercepat.

Nah, berikut ini Urbanina uraikan cara menanam manggis dalam pot agar Anda tidak penasaran.

Penanaman Bibit
  • Siapkanlah pot plastik yang memiliki diameter 40-45 cm.
  • Pecahan batu-bata atau genting dimasukkan pada bagian dasar pot sampai ketinggian 5 cm.
  • Media tanam berupa campuran sekam mentah, tanah, dan pupuk kandang dengan proporsi 1 : 1 : 2 dimasukkan ke dalam pot sampai pada ketinggian 1/2 pot.
  • Bibit di dalam polibag disiram dengan air supaya bibit gampang dilepaskan. Sebagian akar yang terlampau panjang dibuang dengan gunting atau pisau tajam, lantas bibit dimasukkan pas di tengah-tengah lubang tanam.
  • Di dalam pot ditimbun kembali menggunakan media tanam sampai ketinggian 2 cm lebih rendah dari tepian pot. Lalu ditekan pelan-pelan supaya media menjadi padat.
  • Media tanam disiram dengan air, kemudian diletakkan di tempat yang teduh (ada naungannya) selama 1 minggu. Setelah itu dengan cara bertahap, bibit dapat dipindahkan ke lokasi/tempat terbuka.
Penyiraman
 Di awal pertumbuhan sebaiknya penyiraman dilakukan 1 kali sehari, khususnya pada musim kemarau supaya tanah selalu terpelihara kelembabannya. Tetapi, setelah tanaman berusia di atas 2 tahun, jarak penyiraman bisa dikurangi dengan cara bertahap. Penyiraman bisa dilakukan dengan mempergunakan gembor atau selang air.

Pemupukan
 Pemupukan bisa Anda lakukan dengan pemberian pupuk NPK sebanyak 25 gram yang diberikan empat bulan sekali dan pupuk kandang sebanyak 5-10 kg yang diberikan dalam enam bulan sekali. Pupuk yang diberikan dibenamkan ke sekitar tanaman sedalam 5-10 cm atau dengan melarutkannya menggunakan air.

Pemangkasan
  • Pemangkasan dilakukan sesudah tinggi tanaman mencapai 1 meter.
  • Pangkaslah batang utama dengan meninggalkan sisa tanaman setinggi 80 cm dari permukaan tanah.
  • Peliharalah tunas yang tumbuh baik sebanyak 3-4 buah untuk membuat cabang utama.
  • Pemangkasan yang kedua dilaksanakan 3-6 bulan sesudah dilakukan pemangkasan yang pertama, yaitu saat tinggi tunas melebihi 1 meter. Perlakuannya tidak jauh berbeda dengan tindakan yang dilakukan pada pemangkasan sebelumnya. Kelak akan menghasilkan cabang sekunder. Demikian seterusnya sampai pemangkasan ketiga untuk membuat cabang tersier sehingga didapat bentuk percabangan 1-3-9-27.
  • Tanaman manggis berbuah dimulai sejak percabangan tersier.
Mempercepat Pembuahan
 Pembungaan di luar musim dapat dilakukan dengan pemberian ZPT (zat pengatur tumbuh) semisal Paklobutrazol, CEPA, dan KNO3. Sayangnya, seringkali pembungaan di luar musim tersebut memproduksi buah dengan kualitas rendah.

Panen
 Tanaman manggis yang ditanam atau dibudidayakan dengan cara menanam manggis dalam pot bisa  menghasilkan buah sesudah 3-6 bulan. Ciri buah manggis dalam pot siap untuk dipanen yaitu buahnya mempunyai warna merah kehitaman. Buah manggis yang akan dipanen mesti diambil/dipetik secara hati-hati supaya tidak memar dan menimbulkan warna cokelat pada buah.


Demikianlah Artikel Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot

Sekianlah artikel Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot dengan alamat link http://tanaman-hias99.blogspot.com/2018/01/cara-menanam-buah-manggis-didalam-pot.html

0 Response to "Cara Menanam Buah Manggis Didalam Pot"

Posting Komentar